Wednesday, February 29, 2012

29 Februari 2012, Sejarah Terburuk Sepak Bola Indonesia


Prediksi Bola

Berita Bola,- Timnas Indonesia meraih hasil memalukan di partai terakhir babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Menghadapi tuan rumah Bahrain, Tim Garuda jadi bulan-bulanan dan kalah dengan skor telak 0-10.

Rabu malam, 29 Februari 2012, mungkin tidak akan dilupakan oleh dunia persepakbolaan Indonesia. ‘Tim Merah-Putih’ menelan kekalahan paling telak yang pernah mereka derita.

Dalam data yang dirangkum oleh RSSSF, yang menyusun data-data pertandingan Indonesia dari 1934 hingga 2011, kekalahan paling telak yang pernah ditelan Indonesia adalah dari Denmark. Waktu itu dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada 3 September 1974 di Kopenhagen, Indonesia kalah 0-9.

Setelah itu, Indonesia pernah kalah 0-6 dari Jepang, 1-7 dari Malaysia, dan 1-5 dari Burma pada babak grup Turnamen Merdeka tahun 1976. Beberapa skor telak lainnya juga pernah mengikuti perjalanan timnas, salah satunya ketika dihantam Syria 0-7 di Damaskus pada November 2007.

Tak pelak kekalahan 0-10 dari Bahrain di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia menjadi kekalahan paling telak yang pernah dialami timnas.

Sangat buruk
Indonesia menfawali pertandingan di Bahrain National Stadium, Rabu (29/2/2012), dengan sangat buruk. Kiper Samsidar sudah harus meninggalkan lapangan saat pertandingan baru berjalan tiga menit karena melanggar pemain lawan di kotak penalti.

Setelah Samsidar dikartu merah, pertandingan berjalan berat sebelah. Bahrain terus memburu gol, sedangkan Indonesia cuma bertahan dan sesekali menyerang balik.

Di babak pertama, Indonesia sudah ketinggalan 0-4. Mahmood Abdulrahman mencetak dua gol untuk Bahrain, sisanya dibuat oleh Ismael Abdullatif dan Mohamed Tayeb.

Bahrain bikin enam gol lagi di paruh kedua. Tiga dari kaki Shayed Dhiya, dua dari Tayeb, dan satu lainnya dari Abdullatif.

Meski menang telak, Bahrain tetap harus gigit jari di akhir laga. Sebab, kemenangan ini tetap tak cukup untuk mengantarkan mereka ke babak keempat.

Di klasemen akhir Grup E, Bahrain tetap di peringkat ketiga dengan koleksi sembilan poin dari enam laga. Mereka kalah satu poin dari Qatar yang di pertandingan lainnya bermain imbang 2-2 dengan Iran. Dengan demikian, yang berhak lolos ke babak selanjutnya dari grup ini adalah Iran dan Qatar.

Catatan lain bagi Indonesia, kekalahan itu juga menjadi kekalahan paling telak yang ditelan sebuah tim dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia.

Sebelumnya, catatan kekalahan paling telak di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia dipegang oleh Tajikistan ketika dilumat Jepang 0-8.

Bahrain sendiri sebenarnya kesulitan untuk membuat gol di fase ini. Selain ke gawang Indonesia, Bahrain cuma bikin satu gol saat main 1-1 lawan Iran.

Selebihnya, Bahrain bikin dua gol ke gawang Indonesia saat menang 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno dan sepuluh gol dalam kemenangan 10-0 di Stadion Nasional Bahrain tadi.


Detiksport

No comments:

Post a Comment