Saturday, March 31, 2012

Profil Pelatih EURO 2012 - Grup B

Perang taktik di dalam lapangan akan segera tersaji dalam pagelaran Piala Eropa 2012 di Polandia-Ukraina. Berikut ini beberapa profil dari sang juru taktik Grup B yang tediri dari negara Belanda, Denmark, Jerman dan Portugal.Baca :  Profil Pelatih EURO 2012 - Grup A

Belanda
Bert Van Marwijk

Bert Van Marwijk saat ini menjadi juru racik strategi bagi tim Belanda. Van Marwijk dipilih untuk menggantikan Marco Van Basten usai Piala Eropa 2008 lalu. Selain itu usut punya usut ternyata Bert Van Marwijk adalah ayah mertua dari pemain Belanda Mark van Bommel.

Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Marwijk adalah ia mampu menghilangkan ketidakharmonisan yang selam ini terjadi pada kubu Oranje bahkan selama di bawah kendalinya ia mampu menjaga kesolidan di dalam maupun di luar lapangan. Terbukti tidak ada protes dari para punggawa tim Belanda yang dibangkucadangkan.

Hasil positif lain yang ditorehkan Bert Van Marwijk bersama Robben dkk adalah dari 25 laga kompetitif tim Belanda mampu meraih 23 kemenangan ini dapat menggambarkan betapa siapnya mereka menghadapi Piala Eropa 2012 ini.

Denmark
Morten Olsen

Morten Olsen mungkin sudah tidak asing lagi bagi publik Denmark sebab dirinya termasuk salah satu kapten timnas Denmark sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu pada tahun 1989. Olsen terpilih untuk menangani timnas Denmark semenjak tahun 2000.

Morten Olsen sempat memperoleh kritik tajam dimana pada tahun 2008 dirinya gagal membawa tim Dinamit lolos ke Piala Eropa. Hanya butuh waktu dua tahun Olsen menjawa kritik yang selama ini dilayangkan kepadanya dengan membawa Denmark lolos ke putaran final Piala Dunia 2010.

Akankah tim Dinamit membuat ledakan dahsyat di ajang Piala Eropa 2012 ini?

Jerman
Joachim Loew

Joachim Loew adalah pelatih yang ditunjuk oleh federasi sepak bola Jerman untuk menggantikan posisi Juergen Klinsmann pada tahun 2006 setelah sebelumnya dirinya menjadi asisten pelatih.

Saat ini di bawah kendalinya tim Panser memiliki skuad yang kualitasnya sangat bagus dimana dalam setiap permainan yang disajikan oleh Philipp Lahm dkk selalu memainkan sepak bola yang indah dan atraktif.

Dari 75 yang dilakoni Loew bersama timnas Jerman tercatat ia mampu memberikan 52 kemenangan bagi tim Panser. Akankah di ajang Piala Eropa 2012 ini Jerman dapat kembali mengulang sukses seperti yang mampu ditorehkan oleh Franz Beckenbauer pada tahun 1972.

Portugal
Paulo Bento

Paulo Bento adalah sosok pelatih yang dikenal keras dalam melatih terbukti dimana saat dirinya menangani timnas Portugal ada konflik yang timbul antara dirinya dengan Ricardo Carvalho dan Jose Bosingwa yang akhirnya menyebabkan dua pemain tersebut memutuskan gantung sepatu.

Bento terpilih menangani timnas Portugal lantaran dirinya memiliki latar belakang sebagai mantan pemain timnas Portugal pada tahun 1992-2002. Selain itu dirinya juga sempat menangani klub liga Portugal Sporting Lisbon dari 2005-2009.

Langkah Portugal menuju Piala Eropa 2012 terbilang sedikit mengalami kesulitan lantaran Cristiano Ronaldo dkk harus melalui fase play-off melawan Bosnia sebelum akhirnya mereka mampu meraih kemenangan 6-2 atas Edin Dzeko dkk.


BOLA.NET

No comments:

Post a Comment