Monday, March 26, 2012

Review: Tekuk Fulham, United Kembali ke Puncak


Review: Tekuk Fulham, United Kembali ke Puncak

Manchester United menekuk Fulham1-0 dan kembali menguasai puncak klasemen sementara Premier League, menggeserManchester City ke posisi dua.

Dalam laga yang digelar di Old Trafford, Selasa (27/3), United sukses meraup poin maksimal berkat dominasinya di lapangan tengah plus ketangguhan David de Gea dalam mengawal gawang serta gol tunggal penentu kemenangan yang diciptakan oleh Wayne Rooney.

Permainan berjalan seimbang di babak pertama, tapi gol Rooney sebelum jeda menjadi pembeda.

Di 45 menit pertama, United unggul sedikit atas Fulham dalam hal penguasaan bola, yaitu 54 % berbanding 46 %. Fulham melepaskan 7 tembakan, dan hanya 2 yang mengarah ke gawang, salah satunya tendangan Clint Dempsey dari ujung kotak penalti, tapi semuanya berhasil dimentahkan oleh De Gea. Sementara itu, United membombardir gawang Fulham dengan 9 tembakan. Dari 4 yang mengarah ke gawang, hanya satu yang berhasil menjadi gol, yaitu lewat tendangan Rooney.

Gol Rooney itu tercipta pada menit ke-42. Ashley Young mengirim umpan silang dari sayap kiri, lalu John Arne Riise gagal mengamankan bola sehingga jatuh di kaki Jonny Evans, dan Evans memberi umpan tarik kepada Rooney yang kemudian melakukan finishing mudah dari jarak dekat. Itu adalah gol ke-6 Rooney dalam 5 pertandingan terakhirnya melawan Fulham.

Di babak kedua, dominasi United semakin kuat dan memaksa Fulham bertahan sepihak sambil sesekali melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-88, Fulham mendapatkan klaim penalti setelah Murphy terjatuh di area terlarang, sepertinya diganjal oleh Carrick ketika mencuri bola. Akan tetapi, wasit tidak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

Skor 1-0 untuk kemenangan Iblis Merah bertahan hingga peluit panjang. Dengan begini, Fulham belum bisa menghapus rekor buruknya, yaitu tak pernah mencetak gol di Old Trafford sejak 2006.

Statistik United - Fulham:
Penguasaan bola: 60 % - 40 %
Shot (on goal): 21 (9) - 7 (2)
Corner:  7 - 1
Offside: 2 - 0
Pelanggaran: 17 - 6
Kartu kuning: 1 - 0
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 2 - 8

Susunan pemain United: De Gea; Rafael, Evans, Ferdinand, Evra; Valencia, Carrick, Giggs, Young; Welbeck, Rooney.
Cadangan: Amos, Jones, Berbatov, Smalling, Chicharito, Scholes, Cleverley.

Susunan pemain Fulham: Schwarzer; Kelly, Hughes, Hangeland, Riise; Diarra, Dembele; Duff, Dempsey, Frei; Pogrebnyak.
Cadangan: Stockdale, Murphy, Ruiz, Etuhu, Briggs, Trotta, Senderos.

Sebelum laga digelar, United sempat tergeser ke peringkat dua oleh City, yang bermain 1-1 melawan Stoke. Meski poinnya sama, United kalah selisih gol. Kemenangan atas Fulham ini membawa United kembali ke puncak dengan keunggulan tiga angka dalam delapan laga tersisa

No comments:

Post a Comment